Senin, 21 Mei 2012

[KULINER] Getuk Lindri.. Singkong Enak,Warna-warni..

Mungkin...bagi sebagian orang,nama 'Gethuk Lindri' sudah tak asing lagi,terlebih bagi masyarakat yang berdomisili di daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur.
Yaa,Gethuk Lindri memang berasal dari daerah Jawa tengah. Makanan ringan yang terbuat dari singkong yang di kukus dan setelah masak,ditumbuk/digiling halus selagi panas bersama gula pasir dan biasanya ditambahkan vanili dan pewarna makanan,agar semakin manis dan terlihat berwarna-warni.


Gethuk Lindri sendiri disajikan dalam bentuk memanjang dan kecil-kecil sekitar panjang 4-5cm dan lebar 2-4cm. Dalam penyajiannya,Gethuk Lindri biasanya di taburi parutan kelapa. Sebuah perpaduan rasa nikmat yang sudah terbayang. Manis,lembutnya Gethuk dicampur sempurna dengan gurihnya kelapa parut akan memberi rasa nikmat yang luar biasa di mulut.



Tukang getuk lindri (Via: fotografer.net)


Di kota besar seperti Jakarta ini,mungkin sudah sangat susah sekali untuk menemukan pedagang Gethuk Lindri keliling. Dan berdasarkan pedagang yang saya temui,pedagang Gethuk Lindri memiliki ciri khas tersendiri,yaitu para pedagang selalu memutarkan lagu dangdut atau lagu berbahasa Jawa di gerobak dagang mereka selain tentunya para pedagang ini berteriak untuk menawarkan Gethuk Lindri dari pintu ke pintu warga,dari gang ke gang di setiap sudut kota Jakarta.

Saya sendiri sudah tak asing dengan panganan kuliner tradisional ini,hal ini dikarenakan pada saat saya bersekolah di Jakarta,terdapat seorang pedagang Gethuk Lindri yang biasanya mangkal di depan sekolah saya dan Gethuk menjadi makanan favorit saya di saat waktu istirahat tiba atau jajanan setelah pulang sekolah.

Setelah belasan tahun dari saat masa sekolah dulu,beberapa hari yang lalu saat saya sedang bersantai di kamar,saya mendengar sayup-sayup orang menyebutkan Gethuk dengan lantang. Lalu saya keluar rumah untuk melihat,apakah benar yang lewat tersebut pedagang Gethuk. Dan,ternyata benar,penjual Gethuk lewat di gang tempat saya tinggal,tanpa berpikir 2x,saya langsung memanggil penjual tersebut dan memesan Gethuk Lindri.

Sebelum memesan,saya sempat bertanya kepada penjual mengenai harga per pieces dari Gethuk Lindri. Dan ternyata harganya sangat terjangkau,terutama bagi anak sekolah,hal ini dikarenakan jika ingin membeli Gethuk,cukup sediakan uang Rp.500, /piece Gethuk. Dan pada saat itu,saya memesan Rp.3.000,- atau sama dengan 6 piece Gethuk Lindri.

Tak sampai 10 menit,pesanan yang saya pesan,sudah di tangan saya dan saya pun membayar jumlah uang sesuai pesanan saya. Setelah itu,saya langsung mencicipi Gethuk yang ada di tangan saya,dan menurut saya,tidak ada perubahan tekstur,warna maupun rasa Gethuk Lindri. Tekstur Gethuk yang halus karena proses penggilingannya,warna yang tetap cerah dan menarik,merah-hijau-kuning dll.

Dan rasa dari Gethuk Lindri sendiri tetap empuk saat digigit dan tetap terasa manis dan memiliki wangi yang sangat khas,wangi vanili. Hari itu,saya merasa seperti habis pulang sekolah saja,karena saya biasa menyantap Gethuk Lindri sembari berjalan pulang dari sekolah menuju rumah saya.

Sebuah makanan ringan/snack tradisional yang tetap nikmat,manis,warna-warni dari zaman ke zaman. Sebuah snack tradisional yang mencoba bertahan di tengah gempuran snack-snack modern yang lebih menarik dan semakin beragam jenisnya.


Gethuk Lindri

Mari..! Tetap Lestarikan Kuliner Tradisional Indonesia dengan memperkenalkan Kuliner Tradisional Indonesia ke pelosok Indonesia maupun Mancanegara!





Created By: Penulis Imajinasi


PERHATIAN!! Jika anda ingin mempublikasikan kembali cerita ini,harap mohon menyertakan link artikel saya ini dibawah postingan anda. Terimakasih atas perhatiannya.