Senin, 13 Februari 2017

{TRAVELLING} Museum Layang Layang Indonesia...



Helloow..i'm back again.. hahaha (ketawa jahat).. :P
Apa kabar semuanya? semoga semuanya baik-baik saja yaa.. :)


Di postingan kali ini saya akan sharing tentang trip saya dan sang pacar yang agak berbeda dari biasanya. Jika biasanya kita mengunjungi suatu daerah baru/tempat wisata baru, di trip kali ini kita mengunjungi sebuah museum yang unik, yaitu Museum Layang-Layang Indonesia.

Yup! Minggu, 12 Februari 2017 yang lalu saya dan pacar datang ke Museum ini. Lokasinya berada di Jl. H Kamang No. 38 Pondok Labu, Jakarta Selatan. JIka kamu dari arah Blok M, tinggal lurus saja ke arah Fatmawati, nah setelah mall One Bel Park, kira-kira 500 -600 meter kamu akan melihat papan petunjuk museum di sebelah kanan, tinggal belok kanan dan masuk kira-kira 350 meter maka kamu akan sampai di museum ini.



Tiket Masuk Museum.

Dengan cukup membayar 15ribu saja kamu sudah dapat masuk ke museum ini. Museum buka setiap hari, kecuali hari libur Nasional mulai jam 09.00 - 16.00. Sesuai namanya, di tempat ini kamu akan menemukan berbagai jenis layangan dari seluruh daerah di Indonesia maupun mancanegara.

Diawali dengan hobby dari seorang ibu bernama Endang Ernawati yang sangat suka layang layang akhirnya pada tahun 2003 didirikanlah Museum Layang Layang, sebagai bentuk kecintaan Ibu Endang terhadap Layang Layang. Museum ini dibangun dengan konsep Jawa dan memiliki beberapa bangunan.

Bangunan pertama terletak di sebelah loket,yaitu ruang audio visual dimana pengunjung dapat menonton sejarah layangan dan berbagai macam festival layangan, ruangan ini dapat menampung kurang lebih 35 - 40 anak. Bersebrangan dengan ruang audio ada bangunan ke 2 yaitu pendopo berlantai putih yang biasanya digunakan untuk kegiatan melukis layang-layang, membuat layang-layang, belajar membatik,membuat keramik dan lain sebagainya.


Dan bangunan ke 3 yang merupakan bangunan utama adalah pendopo terbuka yang merupakan ruang pamer dari segala koleksi yang di miliki oleh museum ini. Di dalam ruang pamer ini terdapat berbagai koleksi layangan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia & mancanegara. Saat memasuki ruang pamer ini kamu akan langsung disuguhi berbagai jenis layangan tradisional ataupun layangan 2 Dimensi dan 3 Dimensi hasil karya para pelayang yang menyumbangkan karyanya untuk museum ini.

Berikut ini beberapa koleksi layangan yang saya photo sewaktu berkunjung ke museum ini,cekidot yak..



Foto dulu bersama Layangannya..hehee


Salah 1 koleksi di museum ini, Kalimantan Timur


Salah 1 koleksi di museum ini,Kalimantan Selatan.


Layang-layang dari Jawa Barat.


Salah 1 koleksi di museum ini,layangan dari Kalimantan Barat.


Layang Adu, Kalimantan Timur


Layang-layang dari Banyuwangi.


Telong Telong From Bengkulu


Replika Museum Layangan dari Bali.


Berbagai Layangan 2D dan 3D yang ada di museum.


Berbagai macam bentuk Layangan.


Perangko dan Sampul Pertama Layang-Layang Indonesia.


Kumpulan layangan dari mancanegara.


Museum ini juga meraih penghargaan dan juga piagam MURI, diantaranya dari Dinas Pariwisata Jakarta Selatan pada tahun 2004 yang menunjuk museum ini sebagai salah satu tempat kunjungan wisata di Jakarta dan juga salah satunya meraih piagam dari Muri sebagai penyelenggara menerbangkan Layang-Layang jenis train terbanyak di Indonesia pada tahun 2013.


Foto Ibu Endang dan Piagam dari MURI tahun 2013.


Penghargaan Dari Dinas Pariwisata (foto kiri atas).


Layangan Jenis Train. (Disebut Train karena memanjang seperti Kereta).

Saat berkunjung ke museum ini, tentu saja saya dan pacar saya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto di dalam ruang pamer museum dan juga di sekitar area museum.

Mari membuat Layang-layang


Belum pernah lihat globe jadi yah begini deh hasilnya, hahaha..


Selfie dulu kakaa... ☺☺


Ceritanya mencoba eksis sih.. hehehe..


Sang pacar pun ikutan eksis juga.. :D :P 


Sebuah tempat yang sarat informasi khususnya tentang Layang-Layang dan saya rasa sangat cocok bila para orang tua membawa anak-anak mereka berkunjung ke museum ini karena di tempat ini anak-anak bisa bermain dan belajar tentang Layang-layang. 

Melihat layangan di museum ini saya kembali mengenang masa kecil yang dulu suka sekali mengejar layangan sampai harus kecebur parit/got karena mata hanya mengikuti layangan yang jatuh tak tentu arah, hahaha... sebuah masa kecil yang tak terlupakan dan menyenangkan,hehehe..

Berhubung waktu yang terbatas saya dan pacar saya tidak sempat mencoba aktifitas seni lainnya seperti membuat layangan, melukis layangan, melukis batik dan lain-lain. Dan pacar saya sudah request ingin kembali lagi ke museum ini, well..dia doyan melukis, jadi tempat ini pas banget buat hobby pacar saya, hehehe.. 

Sampai ketemu di postingan saya berikutnya yaa.. bye bye.. ☺






Created By: Penulis Imajinasi







Mohon sertakan alamat blog saya ini jika anda ingin mengkopi atau posting ulang cerita ini ke dalam website ataupun blog anda. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar