Selasa, 01 November 2011

3 Perbedaan Blogspot dan Wordpress...

Kemarin ada yang bertanya pada saya mengenai wordpress dan blog.
Lalu saya berpikir ada baiknya jika saya posting saja perbedaan yang ada di ke 2 media blog tersebut..
Silahkan dibaca dan saya harap bermanfaat..




Berikut ini beberapa hal yang boleh dibilang membedakan antara blogspot dan wordpress :




1. Template
Dalam hal ini,keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. WordPress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML (template classic) dan CSS (new template). Namun, keduanya mendukung template gratisan


2. Custom Domain
Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering down.


3. Fitur
Dari segi fitur, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan.Untuk pemula,blogspot saya rasa lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML.Jika anda mahir dalam hal HTML,silahkan edit template anda dalam file HTML. Pada tata letak di blogspot,blogspot juga memberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk WordPress cenderung sedikit susah dan lebih ribet.




Blogspot juga diuntungkan dari segi menghasilkan uang.
Kenapa??
Itu karena blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize.
Jadi,anda bisa memperoleh uang dari Blog anda dengan cara mengiklankan produk/jasa anda sendiri pada blog anda atau membantu google menayangkan iklan yang dalam hal ini tentu google akan membayar anda,terlebih jika blog anda memiliki banyak pengunjung,maka kemungkinan besar peluang memperoleh uang semakin besar.. Sementara pada WordPress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna WordPress tetap dapat memonetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.




Tapi,para pengguna WordPress jangan  berkecil hati,karena apa?? WordPress juga memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur bila dibandingkan dengan Blogspot. Salah satu fitur unggulan tersebut adalah adanya fitur edit komentar. Jadi, komentar yang masuk di postingan kita bisa di edit sesuka hati. Lagipula,form komentar pada WordPress juga lebih mudah digunakan. Sedangkan pada Blogspot, cenderung sedikit lebih susah (bagi pemula).


Dan demikianlah perbedaan yang saya ketahui.
Jika masih terdapat perbedaan di antara keduanya atau ada informasi yang saya tulis ini tidak benar menurut anda,tolong di koreksi dan silahkan share yah disini.
Posting ini hanya untuk sekedar berbagi informasi saja jika anda ingin menggunakan Blogspot atau Wordpress.


Setiap produk pastilah memiliki ciri khas masing-masing,nahh..semua itu sebenarnya tergantung kebutuhan dan apa tujuan anda dalam menggunakan media blog. Terimakasih.