Selasa, 03 Januari 2012

[TRAVELLING] Taman Bunga Nusantara - Hijaunya Alam..

Musim liburan akhir tahun 2011 telah tiba.. Dan,seperti tahun-tahun sebelumnya,saya memang biasa mengambil cuti akhir tahun dari kantor dan cuti tahun ini saya habiskan bersama saudara dengan menginap di daerah puncak yaitu tepatnya di villa Kota Bunga,Cipanas.
Villa Berkonsep Minimalis - Kota Bunga,Cipanas

Disebuah taman di Kota Bunga,Cipanas


Little Venice - Kota Bunga,Cipanas
Dan pada saat hendak pulang kembali ke jakarta,pada tanggal 1 Januari 2012,saya beserta rombongan menyempatkan diri untuk singgah ke sebuah tempat agro wisata bernama "Taman Bunga Nusantara" yang terletak di Desa Kawung-luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur, dengan luas lahan 35 hektar. Taman Bunga Nusantara menyajikan keindahan dan pesona bunga serta alam yang tersusun apik. Berdiri sejak tanggal 10 September 1995 yang diresmikan langsung oleh Bu Tien Soeharto kala itu. Taman display pertama di Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman bunga yang terkenal dan unik di seluruh dunia.
Taman Bunga Nusantara
Di Depan Pintu Masuk Taman Bunga Nusantara


Villa Kota Bunga dan Taman Bunga Nusantara memang bisa dibilang 1 arah,jika dari jakarta,untuk sampai di Taman Bunga membutuhkan waktu 2-3 jam jika lancar melalui jl.Raya Puncak,dan setelah puncak pass,belok kiri mengambil arah ke villa Kota Bunga. Jarak Taman Bunga dari persimpangan Kota Bunga - Jl.Raya Puncak hanya berkisar 8-9 km saja,namun dikarenakan jalan yang kurang begitu mulus(banyak lubang),sehingga waktu tempuh dari simpang 3 Kota Bunga menuju ke Taman Bunga berkisar antara 45-60 menit.


Namun lamanya waktu tempuh menuju Taman bunga akan terbayar lunas jika kita sudah sampai di lokasi. Udara sejuk khas pegunungan langsung menyapa saya disaat sampai disana. Dengan merogoh kocek 10 ribu/mobil(seingat saya) yang dibayarkan pada pintu gerbang Taman Bunga dan harga tiket masuk 20 ribu/orang,saya dan rombongan mulai memasuki area Taman Bunga. 


Di Taman Bunga ini terdapat fasilitas mobil bernama "Mobil Wira Wiri" dan kereta "Dotto Train" jika kita ingin bekeliling Taman bunga yang luasnya mencapai kurang lebih 35 hektar.Pada kesempatan kali ini,saya beserta sepupu dan keponakan saya mencoba sebuah fasilitas bernama Mobil Wira Wiri. Sebuah Mobil dengan tempat duduk penumpang dibagian belakang. Untuk menikmati fasilitas mobil ini,saya hanya perlu merogoh kocek 4 ribu/orang saja.
Tiket Masuk Taman Bunga, TIket Mobil Wira Wiri

Mobil Wira Wiri
Dotto Train


Pada saat memasuki area Taman Bunga,saya melihat sebuah patung raksasa berbentuk Angsa yang saya rasa patung tersebut merupakan ikon dari Taman Bunga Nusantara.
Ikon Taman Bunga Nusantara - Patung Angsa


Dan terdapat pula sebuah topiari atau replika burung Merak yang terbuat dari berbagai jenis bunga yang disusun dengan cantik membentuk replika Burung Merak. Dan selain topiari burung merak,saya menemukan sebuah jam yang berukuran raksasa yang dinamakan "Jam Taman". Jam yang akan berbunyi setiap 30 menit sekali.
Topiari Burung Merak
Jam Taman - Taman Bunga Nusantara


Di lokasi Taman Bunga terdapat berbagai macam taman miniatur yang sangat cantik seperti Taman Perancis dibawah ini. Sebuah taman yang mengusung konsep asli sesuai dengan taman yang ada di Negara Perancis dihadirkan didalam Taman Bunga.

Taman Perancis - Taman Bunga Nusantara
Berpose Di Taman Perancis


Selain Taman Perancis,terdapat pula beberapa taman lain seperti Taman Bergaya Nuansa di Bali dan Taman Bergaya Nuansa di Jepang.
Taman Bali - Taman Bunga Nusantara
Taman Jepang
 Ada satu taman unik di Taman Bunga Nusantara,bernama Taman Labirin. Sebuah taman yang berdinding tanaman menyerupai tembok pembatas setinggi manusia dan membentuk lorong-lorong di mana tujuan akhir Anda memasuki labirin ini adalah mencapai daerah yang terdapat di tengan labirin ini. Namun, bila Anda tidak ingin tersesat, Anda bisa berkomunikasi dengan teman Anda yang menaiki sebuah menara pengawas yang berjarak kira kira 20 meter dari pintu masuk labirin. Hhmm,sangat cocok bagi anda yang menyukai permainan teka-teki. Satu ucapan dari saya bagi anda yang ingin mencoba memasuki Taman Labirin,Selamat menyasar,hehehe..
Taman Labirin


Taman Bunga Nusantara adalah sebuah tempat wisata yang kaya akan beraneka ragam bunga. Hampir semua jenis tanaman yang berasal dari mancanegara ada di Taman Bunga Nusantara. Sebuah tempat wisata yang sangat mendidik bagi anak-anak. Sebuah kawasan wisata yang secara tidak langsung mendekatkan kita orang dewasa maupun anak-anak agar dapat menumbuhkan kepekaan terhadap keindahan lingkungan.


Berikut ini beberapa bukti nyata betapa indahnya setiap bunga yang dirawat di Taman Bunga Nusantara.
Berbagai Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Berbagai Bunga Di Taman Bunga Nusantara
Berbagai Bunga Di Taman Bunga Nusantara 

Taman Mawar - Taman Bunga Nusantara
Berbagai Bunga Di Taman Bunga Nusantara


Taman Bunga Nusantara. Sebuah kawasan wisata di daerah puncak yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Tempat yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari segala hiruk pikuk kota. Dan sebuah tempat yang pas bagi anda pasangan muda-mudi untuk mengambil gambar pre wedding,sebuah tempat dengan konsep apik tersusun rapi dan penuh dengan keindahan dari setiap tanaman yang ada di Taman Bunga Nusantara.










Created By: Penulis Imajinasi.



PERHATIAN!! Jika anda ingin mempublikasikan kembali artikel saya ini,harap mohon menyertakan link artikel saya ini dibawah postingan anda. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.