Selasa, 06 September 2011

Orang Bilang.......

Orang bilang... ga baik cewek pulang sendirian pada malam hari,karena bisa digangguin berandalan..
Orang bilang.. jangan buka payung didalam rumah,tidak baik artinya..
Orang bilang.. letakkan gunting dibawah bantal bayi,biar tidak diganggu mahluk halus..
Orang bilang.. orang bilang.. bla...bla..bla..

Yaa.. lingkungan sekitar memang mempengaruhi apa yang ada di dalam diri masing-masing manusia..
Lingkungan juga yang *mungkin* membentuk karakter dan kepribadian seseorang..
Lingkungan juga bisa mempengaruhi seseorang dalam melakukan sesuatu yang diluar batas kemampuannya..
Lingkungan...lingkungan itu bisa menjadi sahabat hidup yang baik atau bisa berubah menjadi jamur yang menempel pada kehidupan..

Harus diakui,manusia itu mahluk sosial yang notabene pasti akan membentuk sebuah lingkungan dimanapun manusia itu berada.. Manusia membutuhkan lingkungan untuk dapat berkembang biak,untuk dapat hidup tentram.. Manusia membutuhkan teman,teman dalam segala hal,karena manusia diciptakan berpasangan,bukan sebagai seorang single fighter..

Manusia.. ciptaan Tuhan yang paling tinggi derajatnya namun dapat melakukan hal rendah dikarenakan pengaruh lingkungan.. Manusia,diciptakan 1 paket dengan akal yang baik dan sifat yang baik,namun bisa memiliki akal yang jahat dan memiliki sifat yang buruk dikarenakan oleh lingkungan juga.. Yaa,lingkungan itu hebat..

Sebenarnya,apa sih arti lingkungan itu sendiri ?

Lingkungan secara ilmiah adalah terdiri dari 2 unsur,yaitu Unsur Biotik dan Unsur Abiotik. Unsur biotik yaitu segala sesuatu yang bernyawa,seperti hewan,tumbuhan,manusia sedangkan Unsur Abiotik ialah segala bentuk atau benda yang tidak bernyawa,seperti udara,tanah,air,bunyi,cahaya dan lain lain..

Namun..menurut saya,lingkungan pada masa sekarang ini mengalami perluasan makna,dimana pada dulu kala,lingkungan hanya diartikan sebagai kombinasi antara komponen abiotik dan komponen biotik.. Namun kini,dari apa yang saya lihat,lingkungan mengandung arti tentang bagaimana situasi seseorang dalam berteman ataupun berhubungan didalam sebuah lokasi ataupun lembaga..

Yaa.. jika anda hidup dan tinggal di lokasi yang elite,mewah,dan serba mahal,maka orang akan menilai lingkungan sekitar anda adalah hebat dan anda juga seorang yang hebat karena bisa berada di lokasi elite tersebut padahal belum tentu kehebatan anda itu anda peroleh dengan kerja keras.. tetapi,jika anda hidup di area kumuh,area lokalisasi atau area lain,maka anda akan dicap sama seperti lingkungan tempat anda bernaung,jika di area kumuh,maka anda di cap kumuh,miskin.. jika anda di area lokalisasi,anda akan di cap sebagai manusia hina dan bermental bobrok,padahal belum tentu anda seperti itu.

Sayang dan ironis memang,jika menilik pada tanggapan orang saat ini tentang arti lingkungan.. Anda hanya akan dilihat dan dinilai dari lingkungan tempat anda bernaung saja,bukan di nilai melalui kepribadian anda sendiri.. Namun,itulah letak kehebatan pengaruh lingkungan pada diri masing-masing manusia.. Melalui lingkungan,mata manusia semakin mengerucut dalam menilai orang lain..

Yang pasti.. apapun lingkungan tempat anda bernaung saat ini,tetaplah menjadi diri sendiri,jangan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar anda yang belum tentu pengaruh tersebut membawa pengaruh baik ke dalam kehidupan anda....!

Just Be Your Self..!!




Salam,


Penulis Imajinasi