Minggu, 25 Maret 2012

Hubungan Jarak Jauh.. Percaya Atau Tidak ?

Minggu,Maret 25 2012, 04.00 AM...


Pada dini hari ini..Saya baru saja memutuskan hub.telepon dengan seorang gadis yang merupakan teman saya sewaktu SMU.. Kami berkomunikasi kembali setelah sekian lama hilang komunikasi atau tepatnya 7 tahun kami lost contact..Banyak hal yang kami bicarakan.. Dan ini membuat hubungan yang ada semakin dekat,bukan hanya terjalin kembali..


Dan pada saat sedang mengobrol,dia melontarkan sebuah pertanyaan ini kepada saya: "
kamu percaya enggak dengan hubungan jarak jauh??" 
Lalu,saya pun menjawab.. "iya,saya percaya..". 
Dan dia kembali bertanya: "alasannya ??" 
Lantas saya menjelaskan..bahwa hubungan jarak jauh dapat berhasil sampai ke jenjang pernikahan jika ada komitmen yang begitu kuat yang dipegang oleh masing-masing pribadi yang menjalankan hubungan teersebut.

Saya katakan,hubungan jarak jauh membutuhkan rasa kepercayaan terhadap pasangan yang lebih besar dari rasa kepercayaan saat berhubungan jarak dekat..

Dan hubungan jarak jauh harus memiliki impian yang lebih baik,lebih indah dan lebih besar daripada impian hubungan jarak dekat.. Hal ini menurut saya,diperlukan agar masing-masing pasangan memiliki keinginan untuk mempertahankan hubungan jarak jauh yang ada demi terwujudnya impian yang mereka buat..

Lalu,teman saya pun bertanya kembali,
"emang bisa ya? yang dekat aja sulit dipantau,bisa selingkuh juga..gimana yang jauh..?!"
Lalu,saya pun menjelaskan bahwa saya meng-analisa pertanyaan dia dari segi perilaku selingkuh. Dan perilaku selingkuh itu ditentukan oleh mental dan sifat dari seseorang. 

Nah,dalam hal hubungan jarak jauh sulit dipantau,memang benar adanya,namun,jika kedua belah pihak masing-masing memiliki karakter/sifat/mental yang baik/jujur/setia,maka perilaku selingkuh yang dikhawatirkan pun akan tidak terjadi. Perilaku selingkuh itu ditentukan oleh pribadi masing-masing pasangan. Jika memang pasangan dan diri kita sendiri memiliki sifat yang setia,tidak perlu khawatir dengan selingkuh.

Memang,setiap hubungan,baik jauh maupun dekat,membutuhkan kadar kepercayaan yang berbeda. Ibaratnya,jika dalam hubungan jarak dekat,kadar kepercayaan hanya 70%,maka utk hubungan jarak jauh dibutuhkan kadar kepercayaan 140%. Mengapa di kasus hubungan jarak jauh,harus 2x lipat dari hubungan jarak dekat??

Hubungan jarak jauh memiliki kelemahan yang merupakan elemen penting dalam menjalin kebersamaan,yaitu lemah dalam hal waktu bertemu,dikarenakan jarak/tempat yang berjauhan. 

Untuk itu,dibutuhkan kadar kepercayaan yang besar agar membentuk pola pikir yang positif. Positif yang saya maksud disini adalah,kita harus berpikir positif pada pasangan bahwa pasangan tidak akan selingkuh,pasangan tidak macam2 di tempatnya yang jauh itu.

Kurangnya waktu untuk bertemu agar dapat memupuk rasa kebersamaan menurut hemat saya sejatinya kemungkinan dapat membentuk pola pikir curiga kepada pasangan kita. Dan jika masing-masing pribadi tidak memiliki kadar kepercayaan yang besar,niscaya hubungan tersebut akan berakhir. Rasa saling percaya,elemen yang penting dalam hubungan jarak jauh.

Selain Kepercayaan,kejujuran juga dapat menjadi penentu sebuah hubungan. Baik dalam hubungan dekat ataupun jauh,jujur pada pasangan ataupun jujur pada diri sendiri itu sebuah keharusan yang tak bisa di tawar lagi. Terutama,bila anda sedang menjalani sebuah hubungan jarak jauh,walaupun anda terpisah ribuan kilometer dari pasangan anda,bila anda tidak jujur,akan tetap ketahuan juga.

Impian. Setiap orang harus punya impian agar orang tersebut mau berusaha untuk meraih impiannya. Begitupula pada setiap hubungan asmara,khususnya hubungan jarak jauh,setiap pasangan harus memiliki impian yang dapat menyemangati masing-masing pihak untuk tetap mempertahankan hubungan demi impian yang mereka buat.

Hubungan jarak jauh maupun dekat tidak akan berhasil bila masing-masing pihak tidak mencoba mempertahankan komitmen yang telah dibuat. Jadi,tidak ada salahnya jika anda mencoba hubungan jarak jauh,karena hubungan jarak jauh dapat melatih kita untuk tetap survive dalam menjalani hubungan yang ada.

Komitmen bertahan demi impian yang telah ditetapkan. Percaya demi kenyamanan masing-masing pihak. 
Tidak ada yang buruk dalam setiap hubungan,termasuk hubungan jarak jauh. Yang membuatnya terlihat buruk adalah pribadi-pribadi yang tidak bisa memegang komitmen dan memiliki sifat yang tidak setia,sehingga hubungan yang ada pun tidak berhasil.


Created By: Penulis Imajinasi


PERHATIAN!! Jika anda ingin mempublikasikan kembali cerita ini,harap mohon menyertakan link artikel saya ini dibawah postingan anda. Terimakasih atas perhatiannya.